Ternyata Wanita Lebih Keras Kepala Dari Pada Pria

loading...
loading...

Sampai kini beberapa pria di kenal dengan reputasinya sebagai pihak yang keras kepala diantara ke-2 jenis kelamin yang ada. Walau sebenarnya wanita nyatanya lebih “keras kepala” lagi. Mengapa? Karena sebenarnya memiliki tengkorak kepala lebih tebal. Bila yang ini memang sungguhan, bukan hanya sama. Studi yang dikerjakan oleh Jesse Ruan dari Ford Motor Company serta koleganya dari Tianjin University of Science and Technology, China ini memang menunjukkan bahwa tulang tengkorak kepala wanita lebih tebal dari lelaki. 

Ruan menguji tengkorak kepala 3000 pasien di Tianjin Fourth Central Hospital lewat pemindaian citra serta diketemukan bahwa ada perbedaan menarik pada lelaki dan wanita. Hasil studi ini mempunyai imbas pada penelitian kelanjutan dan desain alat pelindung kepala. 

Pelindung 

Rata-rata ketebalan tulang tengkorak lelaki adalah 0, 25 inchi atau 6, 5 milimeter. Sedang wanita 0, 28 inchi atau 7, 1 milimeter. Wanita mempunyai tengkorak kepala lebih kecil dari pada lelaki, dari depan sampai belakang cuma sepanjang 171 milimeter dengan lebar 140 milimeter. Sedang lelaki mencapai panjang 176 milimeter dan lebar 145 milimeter. 

“Ketebalan tengkorak antar gender tidak sama, itu telah dapat dibuktikan dengan studi kami, ” jelas Ruan. “Langkah selanjutnya adalah mengetahui apakah ketidaksamaan ini mempunyai pengaruh pada tanggapan antar keduanya. ” 

Selain itu studi tersebut jika bisa dijadikan acuan dalam membuat alat pelindung kepala seperti helm serta sejenisnya. Untuk mendesain alat ini, bentuk kepala juga harus diperhitungkan serta membuthkan studi baru. Hasil penelitian ini dipublikasikan dengan cara detail di International Journal of Vehicle Safety. 

Apakah tulang tengkorak yang lebih tebal pada wanita dapat disimpulkan mereka lebih keras kepala? Itu butuh studi lanjutan lagi. 

#dari : livescience. com
loading...

Subscribe to receive free email updates: