Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk Pengobatan Herbal Secara Alami

loading...
loading...


Manfaat bawang merah mulai sejak lama sudah di ketahui oleh masyarakat. Bawang merah yang mempunyai nama latin Allium cepa L yaitu sejenis tanaman yang diguakan sebagai bumbu dalam beragam jenis masakan Asia maupun masakan Nusantara. Bawang merah atau yang lebih di kenal dengan nama brambang dalam bhs jawa ini yaitu sejenis tanaman yang hidup pada dataran rendah sampai dengan ketinggian 1500 m dpl. Bagian tanaman yang paling banyak digunakan yaitu sisi umbinya. Bawang merah umumnya di proses dengan menghaluskanya lalu mencampurkannya kedalam masakan atau dapat pula dipotong lalu digoreng. 


Manfaat bawang merah sejak lama sudah dipakai juga sebagai penyembuhan tradisional untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit seperti untuk mengobati cacingan, wasir dan untuk menghilangkan mata ikan pada kaki, penyembuhan sakit giigi lewat cara di gigit (kunyah), serta Masuk angin lewat cara menelan 3 Siung bawang merah mentah. Selain itu bawang merah juga biasanya dipakai untuk mengolesi tubuh bayi saat masuk angin maupun demam. Manfaat bawang merah sudah banyak dibuktikan secara empiris, walau beberapa besar orang belum tahu kandungan dari bawang merah yang membuatnya dapat dipakai sebagai tanaman obat. 

Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan 

Bawang merah nyatanya dapat dipakai untuk menyembuhkan beragam penyakit kronis seperti diabetes militus, wasir, pembunuh bakteri dan anti radang, mencegah TBC serta mengobati radang paru-paru. Manfaat bawang merahjuga sudah dibuktikan lewat uji klinis maupu teliti laboratorium tentang kandungan yang dipunyai oleh bawang merah. Manfaat bawang merah yang sampai kini di kenal hanya sebagai bumbu masakan nyatanya mempunyai faedah lainnya yang luar biasa dalam bidang penyembuhan. Bawang merah atau yang lebih di kenal degan brambang juga efektif untuk mengencerkan dahak yang mengakibatkan batuk. 

Kandungan Bawang Merah 

Manfaat bawang merah yang sangat banyak untuk kesehatan maupun penyembuhan disebabkan karena bawang merah mempunyai kandungan senyawa seperti Minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin, dihidroaliin, flavonglikosida, kuersetin, saponin, peptide, fitohormon, vitamin, zat pati. Saponin yaitu salah satu zat yang berperan untuk mengencerkan dahak ketika anda batuk. Sedang peptida berperan menurunkan kadar gula dalam darah. Kadungan minyak atsiri pada bawang merah berperan untuk memperlancar perderan darah serta beragam manfaat lainya.
loading...

Subscribe to receive free email updates: