Enam Penyebab Hidung Yang Sering Mampet (Tersumbat)

loading...
loading...


Ketika hidung mampet memang sangat merepotkan anda, karena akan mengganggu kegiatan serta penampilan anda. Namun kadang-kadang hal semacam ini tak dapat dijauhi, banyak aspek sebagai penyebab hidung mampet ini. Biasanya, menghindari perihal pemicu akan mengurangi terjadinya mampet pada hidung anda.

Terdapat beberapa perihal yang bisa menyebabkan hidung mampet, di antaranya :

1. Radang 

Pemicu tersering. dibagi menjadi 2 jenis yaitu peradangan karena infeksi (virus, bakteri atau jamur) serta peradangan lantaran non infeksi (alergi atau ketidakseimbangan saraf di rongga hidung/rinitis vasomotor. Bisa juga dikarenakan ada peradangan organ-organ di seputar hidung salah satunya peradangan pada sinus (sinusitis), amandel (tonsilitis) dan adenoid (adenoiditis). Sudah pasti keluhan yang dirasakan selain hidung tersumbat juga bergantung tempat radangnya.

2. Kelainan anatomi 

Contohnya : tulang hidung patah, sekat hidung. patah, sekat hidung berlubang disebabkan operasi atau penyakit, rongga hidung yang terlalu sempit atau terlalu lebar, dll

3. Benda asing 

Sering berlangsung pada anak- anak, namun tidak tertutup kemungkinan berlangsung pada orang dewasa. Benda asing dapat berbentuk benda mati maupun makhluk hidup.

4. Obat 

Contoh : obat KB, obat hipertiroid, obat semprot/tetes pelega hidung, apabila dipakai dengan cara terus-terusan tanpa ada pengawasan dokter maka akan mengakibatkan rebound effect, serangan tersumbatnya menjadi lebih hebat.

5. Tumor 

Bisa berbentuk tumor jinak (polip) ataupun tumor ganas. Tumor jinak tumbuh lambat, namun tumor ganas tumbuh dengan cepat serta mengakibatkan rusaknya organ-organ di sekitarnya.

6. Hormonal 

Contohnya pada masalah wanita hamil dan menstruasi, maupun ketidakseimbangan hormonal lainnya.

Tentunya pemicu ini akan memberi tanda-tanda yang berbeda selain tanda-tanda hidung mampetnya, seperti demam, bersin, keluar lendir hidung, mimisan, benjolan di lubang hidung, nyeri dihidung, sakit kepala, masalah penglihatan serta lain sebagainya.

Penanganannya sangatlah tergantung dari pemicu hidung mampet itu. Sebaiknya anda memeriksakan keluhan anda ke dr THT lebih lanjut, supaya memperoleh pemeriksaan yang akurat serta terapi optimal sesuai dengan pemicunya. Demikian penjelasannya, semoga jelas.
loading...

Subscribe to receive free email updates: