13 Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Cepat, Tepat Dan Tanpa Obat

loading...
loading...

Ada beberapa jenis sakit kepala salah satunya, sakit kepala cluster, sakit kepala migrain, sakit kepala berkepanjangan, sakit kepala vertigo dsb. Langkah pengobatan untuk tiap-tiap jenis sakt kepala sebagaian ada yang berbeda. Jadi sebelum memilih obat mana yang akan anda makan, sebaiknya anda pastikan terlebih dahulu jenis sakit kepala mana yang saat ini anda rasakan. 

Untuk anda yang saat ini sedang terserang sakit kepala, mungkin anda bisa melakukan tips untuk mengurangi dan menyebuhkan sakit kepala berikut ini : 


1. Cara Mengobati Sakit Kepala dengan Meminum Air Putih 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa satu diantara penyebab sakit kepala yaitu karena dehidrasi/kekurangan cairan pada tubuh. Dan kita juga pasti sudah tahu bahwa air adalah komponen asupan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, bila anda diserang sakit kepala, segeralah minum air putih. Kemudian lakukan minum air putih 8 - 10 gelas /harinya supaya anda terlepas dari sakit kepala. 

2. Mengatasi Sakit Kepala dengan Memakan Kentang 

Selain disebabkan oleh kekurangan cairan/dehidrasi, sakit kepala dapat juga dikarenakan oleh hilangnya elektrolit seperti kalium. Nah, untuk mengatasinya tentu kita mesti banyak konsumsi makanan yang kaya kalium yakni satu diantaranya kentang. Sebaiknya kentang yang akan dikonsumsi, dimasak dengan cara dibakar dengan kulitnya, atau di rebus (bukan digoreng). 

3. Mengatasi Sakit Kepala dengan Pisang 

Buah pisang memiliki banyak manfaat,Selain kaya akan potasium ternyata pisang juga kaya akan magnesium yang bisa membantu meredakan migrain. Nah, bila sakit kepala menyerang, anda bisa memakan buah pisang untu mengurangi rasa sakit pada kepala. 

4. Mengatasi Sakit Kepala dengan Es Batu 

Tahukan anda, ternyata es batu dapat juga kita gunakan untuk mengurangi rasa sakit pada kepala. Caranya mudah, kita hanya perlu mengosok-gosokan/mengkompreskan es batu secara perlahan-lahan pada daerah kepala anda yang terasa sakit. Es batu akan menyebabkan mati rasa pada daerah kepala yang terasa sakit, hingga akan mengurangi rasa sakit kepala. 

5. Mengatasi Sakit Kepala dengan Makanan/Minuman yang Mengandung Mint 

Nah, bila langkah tersebut lebih cocok jika sakit kepala yang anda derita dikarenakan oleh maag karena melupakan makan hingga perut menjadi mual serta sakit kepala. Cara paling baik untuk mengobatinya yakni dengan konsumsi makanan/minuman yang memiliki kandungan mint seperti teh pappermint dsb. 

6. Mengatasi Sakit Kepala dengan Kopi 

Masih ingatkah anda dengan kalimat " sesuatu yang berlebihan itu tiak baik? " nah, begitu juga dengan kopi, bila kita konsumsi kopi dalam jumlah wajar (tidak lebih dari 2-3 cangkir/hari), nyatanya kopi dapat juga jadi jalan keluar saat anda mengalami sakit kepala. Karena kandungan kafein dalam kopi 40% lebih efektif dalam menyembuhkan sakit kepala. Namun ingat, jangan terlampau banyak minum kopi karena dapat menyebabkan sakit kepala lagi, jadi minumlah kopi tidak lebih dari 2-3 cangkir/harinya. 

7. Mengatasi Sakit Kepala dengan Biji Wijen 

Kandungan vitamin E dalam biji wijen bisa membantu menstabilkan estrogen dalam tubuh, sehingga dapat mencegah migrain. Selain itu biji wijen juga kaya akan magneisum yang juga dapat mencegah sakit kepala. Selain biji wijen, makanan seperti kacang-kacangan, minyak zaitun, dandelion, gandum, dan kentang manis, juga banyak mengandung magnesium. 

8. Mengatasi Sakit Kepala dengan Mengkonsumsi Ikan 

Mengkonsumsi ikan dapat juga membantu meredakan sakit kepala terutama untuk ikan yang beemak seperti ikan salmon, makarel atau tuna yang kaya omega -3 serta lemak esensial yang bisa mencegah peradangan yang bisa menyebabkan migrain. 

9. Menyembuhkan Sakit Kepala dengan Semangka 

Semangka merupakan type buah-buahan yang kaya akan air, jadi dapat anda pakai untuk menangani sakit kepala yang disebabkan oleh dehidrasi. 

10. Mengatasi Sakit Kepala dengan Streching 

Streching adalah gerakan pergangan (senam). Sakit kepala bisa juga dikarenakan oleh otot-otot yang tegang, jadi bila anda sakit kepala, cobalah untuk lakukan gerakan-gerkan senam, atau bisa juga dengan melakukan yoga. 

11. Mengatasi Sakit Kepala dengan Tidur Secara Teratur 

Tahukah anda terlampau banyak tidur itu salah, namuan kurang tidur juga salah, karena tidur itu harus normal. Manusia tidak dapat bekerja selama 24 jam, lantaran manusia bukan robot. Upayakan anda memperoleh waktu tidur yang cukup contoh 7-8 jam supaya anda terhindari dari yang namanya sakit kepala. 

12. Hindari Stress 

Tidak jarang sakit kepala juga dikarenakan oleh otot-otot atau urat syaraf yang tegang, dalam satu diantara pemicunya karena terlampau banyak fikiran yang pada akhirnya mengakibatkan stres dan sakit kepala. Jadi anjuran saya, janganlah terlampau sibuk dengan pekerjaan. Sempatkan diri anda untuk melakukan refreshing. :) 

13. Mengatasi Sakit Kepala dengan Biji Alpukat 

Jika pemicu sakit kepala anda dikarenakan oleh demam, anda bisa membuat pengompres alami dari biji alpukat. Caranya sediakan 2 biji buah alpukat kemudian parut. Setelah itu campur dengan sedikit air, kemudian tempel di dahi selama lebih kurang 1-2 jam atau setiap anda tidur pada malam hari. 

Itulah 13 Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Cepat Tanpa Obat yang mungkin bisa jadi solusi sewaktu anda terserang sakit kepala. Semoga panduan kesehatan ini bisa berguna khususnya untuk saya dan umumnya untuk anda yang membaca dan memerlukan informasi ini.
loading...

Subscribe to receive free email updates: