NGUCEK MATA KARENA GATAL INILAH FATOR RABUN JAUH, HINDARI!!

loading...
loading...

Mengucek atau menggosok-gosok mata saat terasa gatal atau ada suatu hal yang mengganjal, jadi akan membuat mata merasa perih dan merah. 

Mata yang merah serta perih dikarenakan oleh iritasi disebabkan gesekan waktu mengucek mata. Bukan sekedar itu, mengucek mata dapat juga melemahkan otot yang ada di mata. 


“Mengucek mata, yoga dengan kepala dibawah, tidur dengan muka menempel pada bantal atau berenang adalah beragam aktivitas yang dapat mengakibatkan penekanan mata bertambah, ” tutur Profesor Charles McMonnies, dari UNSW School of Optometry and Vision Science, dalam jurnal yang sudah dipublikasikan berjudul Optometry and Vision Science, seperti diambil dari Science. 

Pada masalah mengucek mata, terjadi dampak kombinasi menutup mata serta kemampuan mengucek mata yang dapat tingkatkan tekanan lebih tinggi lagi. 

Mengucek dengan keras dapat tingkatkan tekanan sampai 10 kali lebih tinggi di banding tekanan normal. 

“Tekanan yang normal akan memberi konsekwensi yang sedikit, namun tekanan pada mata yang kuat dalam periode waktu yang lama serta berlangsung dengan cara berulang dapat memberi kontribusi pada rusaknya mata seperti glaukoma, lebih cepat terkena rabun jauh, conical kornea atau dapat pula mengakibatkan kebutaan, ” tutur Professor Charles McMonnies.

Dari berbagai sumber
loading...

Subscribe to receive free email updates: