BELUM TAUKAN..? TERNYATA KECOAK BERMANFAAT UNTUK MENDETEKSI BOM..!!!

loading...
loading...


KECOA sebagai Pendeteksi BOM!! 

Allah menciptakan semua alam semesta demikian sempurna. Di alam ini tak ada yang tidak berguna. Ada yang sudah tahu, namun banyak juga yang masih tak terungkap. 

Umpamanya saja kecoa. Untuk beberapa besar orang, kecoa dianggap juga sebagai indikator ketidakbersihan satu tempat. Jadi tidak heran bila kecoa dianggap binatang yang menjijikan. Jikalau ada yang mencari dan ber (usaha menjadi) sahabat dengan mereka hanyalah para peneliti yang berkepentingan menelaah lebih jauh dari serangga itu. 

Kecoa adalah serangga tingkat tinggi yang mempunyai susunan syaraf nyaris sama juga dengan lebah madu (Departemen Pertahanan Amerika Serikat berhasil menggunakan lebah madu untuk mendeteksi keberadaan bom). 

Selain itu kecoa juga mempunyai susunan syaraf yang lebih kompleks serta kekuatan memori yang lebih. Oleh karena itu kecoa dapat dilatih untuk mendeteksi bom seperti anjing yang sudah lazim dipergunakan selama ini. 

Mekanisme kecoa dalam mendeteksi bom yang mencakup karakter fisiologis serta morfologis dikerjakan dengan merespon balik pada rangsangan berbentuk bom atau bahan peledak yang di proses oleh organ olfaktory (pembau). 

Rangs angan akan di tangkap sel sensorik serta diteruskan melalui sel motorik melalui ganglion­ganglion menuju mushroom body serta diolah diotak untuk selanjutnya direspon. 

Bagian badan yang sensitif pada rangsangan terutama bahan kimia yaitu antena, cerci (abdomen belakang) serta maksila (bagian mulut). 

Dari ketiga bagian badan itu, antena yang mempunyai kepekaan tertinggi pada partikel kimiawi yang terlepas diudara dari bahan yang ada di bom. Adanya bom dapat di ketahui dari gerakan antenanya. 

Haii brad ‘n sist…tahu tidak?? kecoa…hewan yang sampai kini dianggap menjijikan ‘n menakutkan (terutama untuk kaum wanita), nyatanya mempunyai faedah juga lhoo?? penasaran?? 

yuuk.. kita baca artikel di bawah ini! 

Yap, gak kebayangkan seekor kecoa bisa buat mendeteksi bom?? Wah... wah butuh di teliti lagi nih. Nah mulai saat ini kita gak bisa ngeremehin sama yang namanya kecoa, biar kecil jorok n bau gitu pastinya kan punya manfaat. Allah memang maha adil. 

Demikian ya artikel kesempatan ini, mudah-mudahan berguna serta bisa menambah pengetahuan kita.
loading...

Subscribe to receive free email updates: