Hati-hati..! Ini Tandanya Anyang-anyangan Karena Ada Inveksi Saluran Kemih, Pleace Share Info Ini

loading...
loading...
Anyang-anyangan memang bisa disebabkan dehidrasi atau kurang minum air putih. Namun tetap waspada, anyang-anyangan dengan gejala tambahan bisa jadi tanda-tanda infeksi saluran kemih. 

dr Devintha Tiza Ariani, SpU dari RS Pondok Indah-Puri Indah menyampaikan ada beberapa gejala khusus anyang-anyangan yang memberikan indikasi ada infeksi saluran kemih. Tanda-tanda itu diantaranya rasa nyeri waktu buang air kecil, nyeri pinggang dan nyeri perut bagian bawah. 

 " Sering buang air kecil dengan volume sedikit sedikit, nyeri waktu buang air, bisa dibarengi nyeri pinggang atau nyeri perut bagian bawah, " katanya. 


 " Gejala yang lain urine bisa berbau menyengat atau mengalami perubahan warna menjadi keruh, putih, kecoklatan atau berdarah, merasa letih atau kurang sehat, terkadang dibarengi demam, " ujar dr Devintha pada detikHealth, Senin (28/12/2015). 

Diterangkan dr Devintha, anyang-anyangan adalah tanggapan lapisan kandung kemih (urotelium) pada invesi atau masuknya bakteri ke system saluran kemih. Hal semacam ini ditandai dengan adanya sel darah putih atau leukosit di urine. 

Umumnya, infeksi saluran kemih dikarenakan oleh bakter E. coli yang disebut flora normal usus. Selain E. coli, bakteri yang lain yang bisa mengakibatkan infeksi saluran kemih yaitu S. saprophyticus, Proteus sp, Klebsiella sp, S. aureus, dan S. epidermidis. 

Biarpun demikian, perlu pemeriksaan laboratorium untuk memastikan anyang-anyangan yang dirasakan memang benar disebabkan infeksi saluran kemih. Oleh karena dr Devintha menyampaikan ada baiknya bila seorang merasa anyang-anyangan dibarengi beberapa gejala yang dijelaskan diatas untuk langsung memeriksakan diri. 

 " Apabila hasil pemeriksaan urin lengkap tidak normal biasanya diperlukan pemeriksaan kelanjutan salah satunya kultur urin (dimana bakteri dibiakkan untuk mengetahui type bakteri dan therapy yang tepat). Beberapa keadaan sampai memerlukan pengecekan ultrasonografi serta radiologis untuk mendeteksi adanya kelainan struktur saluran kemih, " katanya.

loading...

Subscribe to receive free email updates: