HATI-HATI..!! JANGAN MEMUKUL KECOA, CACING YANG ADA DIDALAM KECOA BISA MASUK KETUBUH ANDA, SHARE INFO INI

loading...
loading...
Kecoa, Anda tentu sangat sering melihat binatang serangga yang satu itu dirumah bukan? Bila kecoa suka keluyuran didalam rumah, ini pertanda bahwa rumah Anda kotor. Kecoa yaitu serangga perombak bahan organik, dan sangat menyukai bahan-bahan yang berbau tajam (mungkin juga busuk atau sedang mengalami proses pembusukan). 

Bila anda mejumpai hewan itu dirumah atau dimanapun, anda jangan langsung memukulnya atau membunuhnya hingga isi perut kecoak itu terburai keluar. 

Mengapa kita tidak boleh membunuh kecoa dengan cara memukulnya hingga isi perutnya keluar?? 

Karena di dalam perut kecoak ada cacing halus/lembut yang tetap hidup meskipun di luar dari tubuh kecoak serta meskipun kita sudah memukulnya sampai mati. Apabila cacing itu sudah ada diluar dari tubuh kecoak (perut), jadi dia akan bergerak untuk mencari tempat indukan baru. Jadi, bayangkan di mana dia akan mencari tempat baru, bisa jadi dia memilih tubuh kita menjadi indukan barunya. 

Cacing ini memiliki bentuk sangat pendek, halus serta lembut akan terlihat kasat mata apabila jarak pandang sekitar 10-20cm. Untuk memandang cacing itu, anda dapat menaruh isi perut kecoak di atas kertas hitam atau di atas cermin, disitu akan terlihat pergerakannya. 

Akan sangat berbahaya jika cacing itu hingga menyentuh kulit tubuh kita terlebih apabila ada luka terbuka pada kulit luar. Bayangkan saja bila anda memukul kecoak selanjutnya dengan tak sengaja terinjak atau isi perutnya ada yang menciprat ke baju atau bagian tubuh kita. Cacing-cacing halus itu akan terbawa-bawa serta menyebar dirumah kita serta mungkin saja mengkontaminasi makanan yang kita konsumsi. 

Ada beberapa jenis cacing yang bisa menginfeksi dan masuk ke tubuh kita. Masuknya telur ke kulit biasanya disertai dengan rasa gatal serta panas. Mula-mula akan terbentuk papul, lalu diikuti bentuk yang khas, yaitu lesi berbentuk linear atau berkelok-kelok, menimbul dengan diameter 2-3 mm, dan berwarna kemerahan. Setelah itu papul merah itu akan menjalar seperti benang berkelok-kelok, menimbul serta membuat terowongan, raih panjang beberapa sentimeter. Rasa gatal biasanya lebih hebat saat malam hari. Infeksi biasanya menyerang kaki, tangan, an*s, bokong serta paha.  

Sebaiknya, jika anda ingin membasmi kecoak cukup hanya menggunakan semprotan anti serangga, yang bisa membunuh kecoak tanpa mesti memukul hingga mengeluarkan isi perutnya. 

Mengapa kecoak bisa menjadi tempat indukan cacing? 

Menurut Dr. drh. Upik Kesumawati Hadi, MS, ahli parasitologi dari Departemen Ilmu Penyakit Hewan IPB, kecoa mempunyai sifat grooming (membersihkan diri) . Dikala habis melewati tempat-tempat kotor, dia akan menjilat-njilati tubuhnya. Bisa saja telur cacing yang melekat masuk ke tubuhnya masuk kemudian menetas di perutnya. Begitu juga dengan kecoa yang tergencet tidak hanya mengeluarkan cacing atau telur cacing saja, melainkan juga kuman serta bakteri yang banyak beredar ditempat tinggalnya. 

Walaupun serangga itu menyukai tempat yang kotor, namun tak semua kecoak membawa cacing di dalam tubuhnya. Untuk berjaga-jaga serta untuk kesehatan kita, tidak ada salahnya bila kita selalu menjaga kebersihan serta harus berhati-hati bila pengen membunuhnya supaya dapat terlepas dari penyakit yang terjadi gara-gara ulah kecoa. 

Mudah-mudahan bermanfaat, sebarkan kabar ini agar semua bisa lebih berhati-hati.
loading...

Subscribe to receive free email updates: