HINDARKAN DIRI DARI STROKE DAN KANKER, KONSUMSILAH MAKANAN MULTIGUNA INI

loading...
loading...
Taoge, Melawan Kanker, Mencegah Stroke 

Sayuran taoge, type apapun, baik taoge kacang hijau, taoge kedelai, taoge alfalfa, ataupun type taoge yang lain, memiliki kandungan sangat banyak senyawa fitokimiawi berkhasiat. Satu diantaranya kanavanin (canavanine), type asam amino bahan penyusun arginin yang paling banyak tersimpan dalam taoge alfafa. Kanavin, menurut beberapa riset, mampu melumpuhkan bibit kanker leukimia, usus besar serta pankreas.

Estrogen alami yang ada dalam taoge befungsi sama juga dengan estrogen sintetis, namun yang ini tanpa efek sampingan. Estrogen dalam taoge secara nyata bisa meningkatkan kepadatan serta susunan tulang, dan mencegah rapuh tulang (osteoporosis). 

Rajin makan taoge membantu wanita terlepas dari kanker p@yu*d@ra, gangguan menjelang menstruasi (premenstrual syndrome, PMS), keluhan semburat panas , pramenopause, serta masalah disebabkan menopause. Ketika biji-bijian serta kacang-kacangan dikecambahkan, secara umum kadar saponinnya menanjak 450 %. Saponin paling banyak ditemukan dalam taoge alfalfa. 

Beberapa penyandang resiko stroke serta serangan jantung, gara-gara kadar lemak darah melambung, disarankan lebih banyak menyantap taoge. Saponin dalam taoge, akan menggelontor ‘lemak jahat’ LDL, tanpa mengganggu kandungan ‘lemak baik’ HDL. 

Sesudah melalui beberapa percobaan dengan binatang, saponin taoge di ketahui bisa membangkitkan system kekebalan tubuh, dengan cara menggenjot aktivitas sel pembuluh alami, (natural killer cells), terutama sel T-limfosit serta interferon. Selain sarat DNA, taoge padat zat antioksidan kuat yang membentangi tubuh dari radikal bebas perusak sel DNA. Perlindungan ganda inilah yang menguatkan kesimpulan taoge adalah sayuran yang membuat kita ‘lahir kembali’, menjadi lebih muda. 

Taoge kedelai, menurut James Dukes, Ph. D., peneliti dan pakar botani dari Departemen Pertanian AS, kaya senyawa antikanker yang lain, kerja genistein lebih efektif ketika benih kanker telah mulai bersemi. Karena ketika itulah genistein akan bekerja keras mengacaukan pasokan makanan untuk beberapa sel kanker, hingga mereka pada akhirnya mati. Tetapi Duke mengingatkan, sebaiknya pasien wanita pengidap kanker p*yu d*ra yang tengah melakukan therapy pengobatan dengan tamoxifen membatasi mengkonsumsi taoge, terlebih yang tamoxifen. Berarti, taoge hanya perlu dibatasi bila kita menderita type tumor atau kanker yang berkaitan dengan estrogen. 

Anda selalu kembung setiap kali makan kacang-kacangan? Itu tandanya Anda sensitif pada oligosakarida, satu type karbohidrat kompleks yang ada dalam kacang-kacangan. Guna mendapatkan gizi kacang-kacangan tanpa kembung, taoge bisa jadi jalan keluar. Pengecambahan sudah menguraikan 90 % rantai oligisakarida jadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa itu mudah diserap tubuh, tanpa menghasilkan gas. 

Karena mengandung banyak serat serta air, taoge membantu pengurasan kotoran dalam usus besar. Hal semacam ini menjadi kekuatan ganda taoge dalam memerangi kanker. Dengan mendorong kotoran segera meninggalkan usus besar, tak ada lagi zat-zat racun dalam kotoran yang bisa diserap tubuh. Serta ini mencegah menumpuknya zat toksin, yang bisa mer*ngs@ng berseminya benih kanker. Nah, jika demikian faktanya, masihkan kita meremehkan taoge? 

*** 

Sumber : Majalah Nirmala
loading...

Subscribe to receive free email updates: