BELUM TAUKAN..? 9 MANFAAT YANG SANGAT MENAKJUBKAN MENDENGARKAN MUSIK, SHARE INFO INI

loading...
loading...


Musik yaitu suara yang disusun sedemikian rupa hingga mengandung irama, lagu, serta keselarasan terlebih suara yang dihasilkan dari alat-alat yang bisa membuahkan bunyi-bunyian. 

Manfaat Musik Untuk Kesehatan 

1. Pembunuh Rasa Sakit 

Musik mempunyai kekuatan untuk mengurangi rasa sakit, melalui pelepasan endorfin (hormon pembasmi rasa sakit). Dengan dengarkan lagu kesukaan, Anda bisa mengalihkan perhatian dari rasa sakit serta melakukan relaksasi. 

2. Mengurangi Stres 

Reaksi orang saat dengarkan musik biasanya berlainan. Namun, apa pun pilihan musik Anda, suatu riset 2011 di Kanada, yang diterbitkan jurnal Nature Neuroscience tunjukkan bahwa mendengar musik favorite Anda bisa menolong mencairkan situasi hati yang buruk. 

Riset di McGill University Montreal tunjukkan bahwa mendengarkan musik bisa menyebabkan pelepasan hormon dopamin. 

“Otak sangat rumit – terdapat beberapa unsur yang ikut serta dalam menciptakan perasaan senang – tidak mengherankan bila ada riset yang menunjukkan bahwa pelepasan dopamin berhubungan dengan perasaan senang, ” kata Bridget O’Connell, kepala info dari Mental Health Charity Mind. 

Stres sering dihubungkan dengan beragam penyakit, termasuk juga sakit mental. Musik mengurangi kekhawatiran serta depresi yang dihadapi seseorang. Bahkan juga, therapy musik dapat membantu untuk menentramkan sel serta menormalkan denyut jantung. 

3. Merangsang Sel-sel Otak 

Itu memang sedikit aneh, namun bukti menunjukkan bahwa mendenggarkan musik bisa membantu Anda untuk berkonsentrasi. Suatu alat ‘digital tonic’ yang biasa disebut Ubrain, mengklaim bisa membantu pikiran konsentrasi dan rileks. 

Aplikasi itu didasarkan pada binaural beats (yang bisa mer*ng sang aktivitas spesifik di otak) hingga membantu Anda untuk tingkatkan energi, pikiran serta tingkatkan mood waktu mendengarkan musik favorite. 

“Dengan membantu korteks otak membuahkan gelombang tertentu, kita bisa menginduksi bagian-bagian pada otak terus terjaga, bergantung pada tujuan yang ingin kita lakukan, ” jelas Paris psikolog klinis dari Brigitte Forgeot. 

Peneliti dari Stanford University menunjukkan musik classic akan menolong pikiran lebih konsentrasi serta bisa memilah informasi. Suara yang ada pada musik classic bisa mempertajam otak, sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi serta berpikir dengan tajam. 

Grace Sudargo, seseorang musisi dan pendidik menyampaikan, “Dasar-dasar musik classic secara umum datang dari ritme denyut nadi manusia sehingga ia bertindak besar dalam perkembangan otak, pembentukan jiwa, karakter, bahkan raga manusia”. 

Riset menunjukkan, musik classic yang mengandung komposisi suara berfluktuasi pada suara tinggi serta suara rendah akan m*rangs*ng kuadran C pada otak. Sampai umur 4 th., kuadran B dan C pada otak anak-anak akan berkembang hingga 80 persen dengan musik. 

 4. Memacu Tubuh Untuk Bergerak 

Dengarkan musik sembari olahraga mempunyai dampak yang baik untuk kesehatan fisik serta mental. Anda dapat membunuh sekaligus membunuh kebosanan dan kelelahan. 

5. Membuat Tidur Lebih Nyenyak 

Musik membuat badan jadi santai serta lebih tenang. Putarlah musik dengan ritme slow yang lembut serta memberi ketenangan untuk tubuh serta pikiran. Tanpa sadar, Anda bakal jatuh tertidur dengan nyenyak. 

6. Meningkatkan Optimisme serta Semangat 

Depresi mengakibatkan badan lemas, sakit kepala, kecemasan, serta kehilangan konsentrasi. Musik membantu pikiran jadi lebih segar serta menghilangkan depresi. Musik merubah system saraf pusat untuk lakukan aktivitas sekaligus menolong mengalihkan pikiran Anda dari ketidaknyamanan. Riset menunjukkan musik energik cocok didengarkan waktu beraktivitas yang cukup berat. Suara cepat yang ada bisa bangun semangat serta memberi ide untuk aktif. 

7. Meningkatkan Kreatifitas 

Lirik musik rap tercipta dengan cara spontanitas serta improvisasi. Beberapa peneliti menemukan tiap-tiap lirik yang di ciptakan secara spontan, penuh improvisasi, serta di buat tanpa konsentrasi penuh, bisa meningkatkan aktivitas di area frontal cortex dalam otak. Area otak itu bertanggungjawab penuh atas munculnya kreatifitas serta ide-ide brilian. 

8. Lagu Favorite Membuat Anda Jadi Lebih Baik 

Mendengarkan lagu yang Anda senangi bisa menyebabkan pelepasan dopamin, suatu neurotransmitter di otak yang bisa meningkatkan rasa senang. Jadi, sering-seringlah mendengarkan lagu favorite supaya mood Anda makin baik. 

9. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Mendengarkan musik tertentu sesungguhnya dapat membantu Anda berlari lebih cepat. Suatu studi di Brunel University, London Barat sudah menunjukkan bahwa musik bisa membantu tingkatkan ketahanan tubuh sebesar 15 %, meningkatkan semangat serta efisiensi energi 1-2 %. 

Sebaiknya, pilihlah lagu yang sesuai dengan tempo olahraga Anda. Mendengarkan musik sembari berolahraga akan memberi efek metronomik pada badan, sehingga sangat mungkin Anda untuk berolahraga lebih lama. 

Semoga bermanfaat  

Dari berbagai sumber
loading...

Subscribe to receive free email updates: