UNTUK BUNDA-BUNDA.. JANGAN MEMANASKAN/MASAK LEBIH DARI 1 KALI 6 MASAKAN INI, TOLONG BAGIKAN KETEMAN DAN SAUDARA

loading...
loading...
Untuk ibu rumah-tangga, menghangatkan kembali makanan sisa atau makanan yg tidak sempat dikonsumsi mungkin saja jadi aktivitas rutin setiap hari. Hal itu dikira lumrah, tetapi tanpa disadari nyatanya mengkonsumsi makanan yang telah lama disimpan dan menghangatkannya kembali sangat tak disarankan untuk beberapa masakan. 


Mengapa? Lantaran sebagian makanan dapat berubah komposisinya sesudah dipanaskan lagi sehingga hilang kandungan gizinya, serta bahkan juga dapat menjadi beracun. Di bawah ini makanan yg tidak disarankan untuk dihangatkan kembali : 

Jamur 

Masakan dengan bahan Jamur sebaiknya dikonsumsi dengan segera ketika sudah dimasak, apabila dibiarkan lama lebih baik mengkonsumsinya pada keadaan dingin apa adanya, jangan dipanaskan ulang. Bila dipanaskan lagi, bakal ada perubahan dalam komposisi proteinnya, serta bahkan ada pergantian rasa. Akibatnya bisa menyebabkan beragam permasalahan pencernaan, serta kehilangan manfaat gizi yang terkandung pada jamur. 

Ayam 

Sama dengan jamur, bila dipanaskan lagi daging ayam bakal berubah komposisi proteinnya. Oleh karenanya, bila anda mau menghangatkannya kembali tak disarankan memanaskan lagi pada suhu tinggi, cukup hanya api kecil dengan waktu singkat hingga masakan terasa cukup hangat. 

Kentang 

Kentang yaitu makanan yang sangat bergizi yg tidak disarankan untuk dipanaskan lagi lantaran kandungan gizinya akan hilang, serta bahkan juga bila dipanaskan berkali-kali kemungkinan akan jadi beracun. Makan segera sesudah dimasak atau makan dalam keadaan dingin tanpa perlu memanaskannya kembali. 

Bayam 

Bayam yaitu makanan yang memiliki kandungan banyak nitrat, yang bila dipanaskan berkali-kali bakal merubah kandungan nitrat jadi nitrit. Nitrit punya potensi karsinogenik (zat penyebab kanker) untuk badan manusia, jadi sangatlah disarankan supaya hanya mengonsumsi masakan bayam dalam keadaan segar, makanlah segera sesudah masakan matang. Jauhi makan masakan bayam yang sudah tersimpan lama, serta jangan menghangatkannya untuk dimakan lagi. 

Seledri 

Seledri seringkali dipakai untuk sup, seledri juga mengandung nitrat yang akan berubah jadi nitrit yang sifatnya karsinogenik (penyebab kanker) bila dipanaskan lagi. Jika anda mau memanaskan ulang sup anda baiknya buang terlebih dahulu potongan-potongan seledrinya. 

Telur 

Telur yaitu makanan berisiko tinggi bila dipanaskan lagi. Telur akan jadi sangat beracun jika terkena paparan suhu tinggi secara berulang. Terlebih telur yang dimasak dengan cara di rebus atau dimasak dalam keadaan bulat dengan bagian kuningya tetap didalam. 

Itulah beberapa makanan yg tidak disarankan untuk dipanaskan lagi. Silahkan bagikan ke facebook, twitter atau google+ supaya terbaca oleh ibu-ibu yang lain. *
loading...

Subscribe to receive free email updates: