INI PENJELASANYA MENGAPA MENJEMUR PAKAIAN DI DALAM RUMAH SANGAT BAHAYA SEKALI UNTUK KESEHATAN

loading...
loading...

Menjemur baju didalam rumah mungkin saja jadi rutinitas yang jamak dikerjakan oleh orang-orang Indonesia, utamana anak kos-kosan. Musim hujan yaitu satu diantara pemicunya, terbatasnya intensitas cahaya matahari membuat kita pilih menjemur baju didalam rumah saja. 

Masalahnya, menjemur didalam rumah tentu kurang baik, situasi terasa kurang nyaman serta lembab, selain memancing datangnya nyamuk (bukan nyamuk nakal) dapat juga menyebabkan perkembangbiakan jamur, satu diantaranya Aspergillus Fumigatus. Baju yang dijemur bisa meningkatkan kelembapan dalam ruangan meraih 30 %. 

Jamur Aspergillus selama ini di ketahui bisa mengganggu tenggorokan, mengakibatkan sinus, menbahayakan paru-paru, sampai mengakibatkan batuk darah. 

Beberapa pakar khawatir jamur aspergillus ini berkembang biak sangatlah banyak di udara lembab. Jangan diremehkan, jamur type ini memang tak menimbukan penyakit kulit seperti kadas atau kurap, tetapi bisa mengakibatkan infeksi pada paru-paru. 

Seperti di sampaikan oleh Profesor David Denning bersama timnya dari National Aspergillosis Centre di Manchester, baju basah mengandung hampir dua liter air yang dilepaskan ke ruangan. 

Umumnya orang memang dapat kebal pada jamur yang tumbuh dalam keadaan lembab atau tubuhnya dapat melawan infeksi. Tetapi, tak demikian untuk orang yang mempunyai asma serta system kekebalan tubuhnya lemah. 

ia menjelaskan lebih detil bahwa " Pada penderita asma bisa batuk-batuk serta orang dengan system kekebalan yang lemah seperti pasien kanker yang melakukan kemoterapi, pasien AIDS serta orang yang punyai penyakit auto imun, bisa terkena aspergillosisoo paru. " 

Denning merekomendasikan supaya pakaian basah dikeringkan diluar rumah atau gunakan mesin pengering. Dalam lingkungan rumah tangga mungkin saja sudah ada mesin pencuci yang sepaket dengan mesin pengering. Tetapi masalahnya, bagaimana dengan anak kos? 

Seandainya terpaksa mesti didalam ruangan, pastikan yang jauh dari kamar tidur serta ruang tamu.

Itulah bahaya menjemur pakaian di dalam rumah, semoga info ini bermanfaat untuk pambaca semua dan share ke teman dan keluarga anda.
loading...

Subscribe to receive free email updates: