4 Tips Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat Dan Berfunfsi Secara Normal

loading...
loading...


Banyak dari kita tidak memerhatikan kesehatan jantung hingga umur 50 tahun, serta kita umumnya cuma perduli dengan jantung saat umur mulai senja atau mulai merasa ada kelainan dengan jantung. Salah satu aspek kemungkinan penyakit jantung yaitu tekanan darah tinggi. 

Salah satu langkah memanage kemungkinan penyakit jantung yaitu lewat penyusunan asupan makanan sehari-hari. Makanan yang baik untuk desakan darah yaitu almond, oats, bit, ikan, kacang serta lentil dan sayuran hijau, sedang makanan yang buruk yaitu gula, garam, keju serta daging asin. Suplemen yang baik untuk tekanan darah yaitu magnesium 100mg dan vitamin C 1. 000 mg. 

Berikut adalah empat langkah yang bisa membantu membuat jantung anda lebih sehat : 

1. Perbanyak Asupan Magnesium 

Tingkatkan konsumsi magnesium, diantaranya dengan mengonsumsi banyak sayuran, kacang-kacangan serta biji-bijian, mempunyai dampak langsung pada turunkan tekanan darah. Langkah kerjanya yakni dengan merelaksasi otot-otot di arteri. Saat magnesium dalam sel otot naik dalam hubungannya dengan kalsium, otot-otot anda jadi lebih rileks. Salah satu type obat hipertensi dimaksud 'calcium channel blocker', serta turunkan tekanan darah lewat cara menurunkan kalsium, namun penyembuhan ini ada dampak sebelahnya. 

Magnesium bukan sekedar menurunkan hipertensi, namun juga kekhawatiran serta insomnia. Mineral ini diketemukan banyak dalam biji-bijian, kacang-kacangan serta sayuran berdaun hijau. Bila anda mempunyai tekanan darah tinggi, sebaiknya konsumsi makanan kaya magnesium apabila butuh juga melengkapi dengan 300 mg suplemen magnesium sehari-hari. 

Walau banyak riset difokuskan pada dampak protektif mineral dalam perannya merelaksasi arteri, ada banyak bukti bahwa magnesium dapat juga kurangi kolesterol jahat serta tingkat trigliserida (lemak darah), yang terkait dengan aterosklerosis, ditambah lagi mempunyai efek anti - inflamasi. Mempunyai tingkat magnesium yang rendah, seperti hanya mempunyai tingkat kolesterol yang tinggi, adalah indikator kemungkinan penyakit kardiovaskular. 

2. Kurangi Sodium dan Tingkatkan Potassium 

Mineral lain yang bisa turunkan tekanan darah yaitu potassium atau kalium. Kalium banyak diketemukan dalam buah-buahan serta sayuran, yang juga tinggi kandungan magnesiumnya. Tidak seperti magnesium, tak perlu suplementasi kalium, karena kalium demikian melimpah dalam buah serta sayuran. 

Asupan banyak sodium (garam) bisa mengakibatkan penyempitan dinding pembuluh darah, oleh karenanya kurangi konsumsi sodium sangatlah utama untuk turunkan tekanan darah. Menurut suatu studi, makan lebih sedikit garam bisa kurangi kemungkinan penyakit kardiovaskular sekitar 25%, serta penyakit jantung sekitar 20%. 

Semua garam, alami atau murni natrium klorida, memiliki kandungan sodium. Kurangi garam dalam masakan umumnya, awal mulanya akan membuat masakan merasa hambar, namun dalam waktu lama biasanya anda akan jadi terbiasa. 

Makanan yang memiliki kandungan banyak kalium diantaranya : alpukat (485mg), pisang (358mg), brokoli (325mg), kembang kol (355mg), Seledri (285mg), jamur (371mg), plum, persik (398mg), Labu (339mg), Salmon (628mg), Bayam (558mg), Tomat (207mg) dan Selada air (329mg). 

3. Konsumsi Makanan Rendah Glisemik Load 

Saat anda makan gula, serta beberapa makanan yang cepat melepas gula, seperti roti serta pisang, level insulin akan naik, karena perannya yaitu untuk mengambil jumlah keunggulan gula dari darah serta menyimpannya juga sebagai lemak. Hal semacam ini mengakibatkan ginjal bekerja mengontrol air serta garam dengan cara bersamaan, yang mana bisa mengarah jadi tekanan darah tinggi. Kombinasi terlampau banyak insulin serta terlampau banyak glukosa bisa mengakibatkan rusaknya arteri serta meningkatkan tekanan darah. 

Makin sering level darah anda bertambah, makin banyak insulin di buat, serta hal semacam ini bakal bikin makin sensitif, serta mendorong tekanan darah lebih tinggi. Oleh karenanya sangatlah penting untuk mengatur apa yang anda makan untuk menekan atau menstabilkan level darah anda. Ketentuan dasarnya yaitu makan lebih sedikit karbohidrat, kurangi jumlah makanan yang IG-nya tinggi, untuk makanan yang IG nya rendah porsinya dapat semakin banyak, teratur makan buah (kecuali semangka) 2-3 kali satu hari serta teratur makan sayuran 3-5 kali satu hari, kurangi mengkonsumsi gula serta makanan yang manis-manis. 

Diet GL rendah bukan sekedar bisa menurunkan tekanan darah, namun dapat juga menurunkan kan kolesterol serta trigliserida secara substansial. 

4. Suplementasi Vitamin C 

Mengkonsumsi Vitamin C sehari-hari yaitu langkah cepat membantu permasalahan. Penambahan vitamin C sebesar 500mg sehari-hari selama 8 minggu bisa menurunkan desakan darah tinggi sebesar 5 point. Sedang suplemen 2. 000 mg sehari-hari selama 320 hari bisa menurunkan 10 point tekanan darah sistolik. Hasil ini sebanding dengan pemakaian obat hipertensi, namun tanpa ada efek samping. 

Suplementasi vitamin C dosis tinggi juga mempunyai manfaat yang lain diantaranya menurunkan kolesterol LDL, kurangi penebalan arteri serta mempunyai efek anti inflamasi. Selain murah, vitamin C juga tak punya pengaruh buruk untuk magnesium, seperti obat alternatif lain seperti ACE inhibitor dan diuretik.
loading...

Subscribe to receive free email updates: