Khasiat dan manfaat Jawer Kotok untuk mengobati ambeien dan penyakit lainnya

loading...
loading...


Tanaman Obat JAWER kotok adalah tanaman obat yang cukup penting. Sebagian penyakit seperti ambeien, diabetes mellitus, sembelit, bisul, abses, datang bulan terlambat dapat diatasi dengan jawer kotok. * 

Jawer kotok adalah tumbuhan semak, herba tegak serta merayap dengan tinggi batang pohonnya sekitar 30 cm sampai 150 cm. Daunnya berbentuk hati serta pada tiap-tiap tepiannya dihiasi oleh jorong-jorong atau lekuk-lekuk tipis yang bersambungan serta di dukung oleh tangkai daun. Bunganya muncul pada pucuk tangkai batang berbentuk untaian bersusun. 

Jawer kotok (Coleus hybridus) atau iler serta orang Jawa menyebutnya kentangan, memiliki penampang batang berbentuk segi empat serta termasuk juga kelompok tumbuhan basah yang batangnya mudah patah. Jawer kotok bisa tumbuh subur di daerah dataran rendah sampai ketinggian 1. 500 meter diatas permukaan laut. 

Kelebihan dari tumbuhan ini yaitu sangat beragam macam jenis serta warna daun yang dimiliki. Jawer kotok biasa diketemukan di sekitar sungai atau pematang sawah serta tepi-tepi jalan pedesaan sebagai tumbuhan liar. Saat ini jawer kotok jadi tanaman hias yang sudah berkembang dengan beragam varietas yang indah. 

Jawer kotok memiliki komposisi kandungan senyawa kimia yang berguna, diantaranya alkaloid, etil salisitas, metil eugenol, eugenol, timol, karvakrol serta mineral. Oleh karena itu, jawer kotok menjadi tanaman obat yang cukup penting. Sebagian penyakit seperti ambeien, diabetes mellitus, demam, sembelit, sakit perut, bisul sampai datang bulan terlambat, dapat diatasi dengan jawer kotok. Berikut sebagian ramuan untuk menangani beragam penyakit itu. 

Ambeien : Ambil 17 lembar daun jawer kotok, 7 lembar daun ngokilo, 3 rimpang umbi kunyit sebesar ibu jari. Semua bahan itu di rebus dengan 5 liter air hingga mendidih. Air rebusan tersebut diminum satu kali satu hari satu gelas. 

Diabetes mellitus : jawer kotok lengkap mulai akar, batang, daun serta bunga, ditambah adas pulawaras secukupnya. Ke-2 bahan itu di rebus dengan satu liter air hingga mendidih. Air rebusan itu diminum 2 x satu hari 1/2 gelas, pagi dan sore. 

Demam dan sembelit : Satu potong daun serta batang jawer kotok di rebus dengan tiga gelas air hingga mendidih sampai tinggal 2 gelas. Air rebusan itu diminum 2 kali satu hari 1/2 gelas. 

Sakit perut : 3 potong akar jawer kotok di rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih sampai tinggal 1 gelas. Air rebusan itu diminum pagi dan sore. 

Bisul : Daun jawer kotok diolesi minyak kelapa, lalu dipanggang. Dalam situasi hangat-hangat ditempelkan pada bagian yang bisul. 

Abses : 5 lembar daun jawer kotok, satu siung bawang merah, serta adas pulasari seperlunya. Semua bahan itu ditumbuk halus bersama-sama, lalu tempelkan di bagian yang abses. 

Luka borok : Daun dan batang jawer kotok ditumbuk halus, selanjutnya tempelkan di bagian yang borok. 

Datang bulan terlambat : 3-7 lembar daun jawer kotok di rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih sampai tinggal 1 gelas. Air rebusan itu diminum menjelang tanggal datangnya haid.
loading...

Subscribe to receive free email updates: