Tanda-Tanda Fisik Bahwa Seseorang Menderita Kolesterol Tinggi

loading...
loading...


Mengetahui kadar kolesterol dalam darah penting artinya sebagai bagian dari usaha pencegahan penyakit pembuluh darah serta jantung. Pemeriksaan umumnya bisa dikerjakan dengan tes darah di laboratorium. Kontrol simpel bisa menunjukkan angka kolesterol keseluruhan, sedang pemeriksaan yang lebih kompleks bisa menunjukkan info penambahan berbentuk angka high density lipoprotein (HDL), low density lipoprotein (LDL), dan trigliserida.

Pemeriksaan kandungan kolesterol baiknya dikerjakan teratur untuk selalu memonitor kesehatan secara keseluruhan. Tetapi selain lewat kontrol darah, sesungguhnya ada tanda-tanda fisik yang bisa dicermati untuk mendeteksi tingginya kadar kolesterol keseluruhan dalam darah.

Apapun tanda-tandanya? Dokter spesialis jantung serta pembuluh darah Rumah Sakit Sahid Sahirman dr. Aulia Sani menuturkan gejala-gejala yang perlu diwaspadai.

1. Sering pusing belakang kepala 

Pusing di belakang kepala disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah di seputar kepala. Penyumbatan ini terjadi karena kolesterol yang mulai membuat plak di pembuluh darah. Bila dibiarkan jadi pembuluh darah akan pecah serta mengakibatkan stroke.

2. Tengkuk dan pundak pegal 

Pegal di tengkuk dan pundak adalah implikasi dari aliran darah yang tidak lancar pada pembuluh darah di daerah itu. Aliran darah yang tidak lancar juga dikarenakan adanya penyumbatan pembuluh dari kolesterol.

3. Sering pegal di tangan dan kaki 

Pembuluh darah di tangan serta kaki dapat juga tersumbat disebabkan penumpukan kolesterol. Pegal di tangan dan kaki disebabkan penumpukan kolesterol biasanya berlangsung terus-terusan walau tdk beraktivitas yang terlampau berat.

4. Sering kesemutan di tangan dan kaki 

Nyaris sama juga dengan pegal, kesemutan adalah implikasi dari aliran darah yang tidak lancar dibagian tubuh spesifik. Kesemutan terkait dengan saraf yang tidak memperoleh aliran darah.

5. Dada sebelah kiri seperti tertusuk 

Dada sebelah kiri berhubungan dengan organ pemompa darah yakni jantung. Penyumbatan di pembuluh darah seputar jantung bisa menyebabkan rasa nyeri seperti ditusuk. Bahkan juga rasa nyeri dapat menyebar sampai ke daerah di seputar leher. Nyeri dada dapat juga jadi tanda-tanda dari serangan jantung.
loading...

Subscribe to receive free email updates: