Cara yang lebih efektif mengatasi cegukan selain menutup hidung

loading...
loading...


Apakah itu cegukan? 


Cegukan (Hiccups) berlangsung karena ada kontraksi mendadak yg tidak disengaja pada diafragma, serta kebanyakan berlangsung berulang-kali tiap-tiap menitnya.

Apa yang menyebabkan cegukan?
Cegukan lantaran sebab suatau ranggsangan saat kita menarik nafas mendadak serta cepat, sampai udara yang mendadak lewat ke paru-paru menyebabkan glottis (ruangan pada pita suara) tutup, hingga bakal menyebabkan suara ''hiiik'' ketika cegukan. arti medis untuk cegukan yakni singultus.

Cegukan juga biasanya karena oleh situasi perut yang penuh. Berikut adalah sebagian faktor yang membuat perut merasa penuh.

Makan terlalu banyak makan terlampau cepat
Minum terlalu banyak alkohol
Menelan terlalu banyak udara
Merokok
Perubahan suhu yang mendadak di perut, seperti minuman panas dan kemudian makan dalam 1 keadaan panas
Keadaan emosional seperti stres atau senang

Berapakah lama cegukan tuntas?
Cegukan biasanya berhenti dalam sebagian menit atau bahkan jam. Namun, cegukan yang berjalan lebih dari 48 jam disebut persistent hiccups atau cegukan terus-menerus. Cegukan yang bertahan lebih lama dari sebulan dimaksud intractable hiccups atau cegukan keras.

Walaupun sangatlah tidak sering terjadi, cegukan keras dapat mengakibatkan kelelahan, kurang tidur, dan penurunan berat badan. Cegukan yang berjalan terus-menerus yaitu tandanya permasalahan kesehatan yang lebih serius dan mesti segera dibawa ke dokter.

Bagaimana caranya mengobati/mengatasi cegukan?

Umumnya, cegukan hilang sendiri dalam beberapa menit atau jam dan tidak memerlukan pengobatan apa pun. Namun, bila cegukan tidak sembuh-sembuh Anda dapat kerjakan satu hal untuk mengatasinya, seperti :

Meminum air hangat (jangan lupa baca do'a ya...!!!) hingga rongga mulut terisi penuh, lantas membungkuk (posisi ruku') tutup hidung/tahan nafas. Sambil berdiri tegak telan air pelan-pelan dengan hidung selalu ditutup. Tarik nafas dalam-dalam dan buang/tampung di dalam kantong atau kertas tertutup selama kurang lebih 1 menit. Hidung dan mulut masuk ke kantong itu, maksudnya adalah untuk menahan dan tingkatkan kandungan CO2, karena berkurangnya jumlah CO2 dalam darah bisa mengakibatkan cegukan.

Tidur berbaring dengan ke-2 lulut ditekuk ke arah perut. kerjakan teknik ini berulang-kali hinga cegukan hilang. Atur nafas dan santai. Tariklah nafas dalam selanjutnya keluarkan perlahan-lahan. ulangilah hingga beberapa kali. Bisa juga dengan teknik bernafas dengan hirup udara dari satu diantara lubang hidung dan mengeluarkan dari lubang hidung yang lain. ulangilah dengan cara bergantian.

Menelan gula batu atau satu sendok gula pasir. Mampu hentikan cegukan hanya dalam sebagian menit.
Gula disadari dapat merangsang saraf-saraf otot kita, terlebih waktu otot diafragma mulai berkontraksi dengan cara takteratur

Pijat segi belakang langit-langit dengan cotton bud, yang digerakkan lewat cara perlahan-lahan ke depan dan ke belakang sepanjang kurang lebih satu menit.
Namun apabila sudah lakukan brberapa teknik langkah menangani cegukan seperti di atas tak kunjung sembuh,

Disarankan untuk konsumsi obat-obatan penghilang cegukan. eiiiiits........ tentu dengan resep dokter ya......
loading...

Subscribe to receive free email updates: