HATI-HATI, TANDA GURATAN HITAM DILEHER ATAU DI KETIAK JANGAN ANGGAP REMEH, ITU ADALAH SUATU TANDA MENGINCAR NYAWA

loading...
loading...

Anda pernah berdiri dibelakang seseorang pria yang gemuk serta melihat sisi lehernya tampak kotor seakan ada daki melekat yang sudah lama serta sulit di hilangkan sampai membuat anda mengeryitkan dahi lantaran terasa jorok? 

jika belum pernah, setelah baca ini saya mengharapkan anda bakal lebih peduli dengan orang yang memiliki situasi demikian. Saya mengharapkan anda dapat memberikam edukasi pada mereka untuk lebih melindungi kesehatan dengan pola/gaya hidup sehat. 

Kenapa saya menyampaikan anda mesti lebih peduli pada kesehatan mereka? lantaran apa yang kita saksikan seperti daki itu mungkin saja tanpa mereka sadari yakni satu tanda bahaya untuk kesehatan seseorang. 

Keadaan demikian tampak remeh tetapi memberi makna besar untuk usaha pencegahan satu penyakit yang lebih kronis dimasa depan. 

Tanda apakah sesungguhnya yang saya maksudkan hingga kita harus waspada serta berhati-hati dengan situasi itu? susunan kulit seperti daki yang ada di leher sisi belakang atau terkadang ada di ketiak disebutkan sebagai acanthosis nigricans. 

Beberapa diantara anda mungkin saja saja pernah mendengar, tetapi saya yakin ada banyak yang belum tahu tanda utama pada kulit manusia ini. Acanthosis nigricans yakni kelainan pada kulit yang memiliki bentuk serupa beludru berwarna coklat muda hingga hitam serta mirip daki. Tanda ini dapat muncul di beberapa daerah leher, ketiak, belangkangan, serta dibawah payudara. 

Penyebab yang pasti hingga sekarang ini belum di ketahui dengan pasti tetapi berdasar sebagian penelitian berkenaan dengan situasi resistensi insulin yang mengakibatkan proliferasi epidermis kulit serta menyebabkan pembentukan keratinosit pada susunan kulit bagian luar. 

Nigricans Acanthosis bisa tunjukkan situasi medis spesifik. Pada beberapa orang acanthosis nigricans yaitu bawaan lahir. Sebagian besar berlangsung juga sebagai akibat dari obesitas/kegemukan atau kelainan pada kelenjar endokrin. Nigricans Acanthosis juga sering dikaitkan dengan tanda tanda pre-diabetes atau diabetes. 

Situasi lain yang mungkin saja bisa jadi aspek penyebab dari Nigricans Acanthosis yaitu : 

Penyakit Addison yaitu satu keadaan yang dikarenakan oleh kekurangan ho**on dari kelenjar adrenal. Permasalahan kelenjar hipofisis didalam otak Hypothyroidism (rendahnya tingkat ho**on tiroid yang karena oleh penurunan aktivitas kelenjar tiroid) Kontrasepsi ho***nal oral. 

Umumnya orang dengan nigricans acanthosis mempunyai tingkat insulin yang lebih tinggi daripada beberapa orang dengan berat badan yang sama namun tak mempunyai acanthosis nigricans. Hal sejenis ini bisa dipicu oleh karena pola makan yang kurang baik dari si penderita terutama makanan yang terlampau tinggi Gula/glukosa. 

Seperti kita ketahui pada awal mulanya bahwa kegemukan yaitu satu di antara segi kemungkinan tinggi pemicu seseorang alami penyakit Diabetes. Jadi bisa di yakinkan untuk seorang yang alami kegemukan serta mempunyai tanda acanthosis nigricans bakal mempunyai kemungkinan lebih tinggi lagi untuk alami penyakit Diabetes, apa lagi jika ditambah riwayat keluarga (ayah/Ibu) dengan penyakit yang sama. 

Bukan sekedar pada orang dewasa, kemungkinan Diabetes akan bertambah apabila tanda acanthosis nigricans ada pada anak-anak yang telah alami obesitas mulai sejak awal. Itu utamanya orang-tua tidak untuk lagi berpikiran anak gemuk itu lucu atau gemesin namun tanpa ada disadari dibalik itu semua ada bermacam potensi penyakit berbahaya yang bisa disebabkan dikemudian hari. 

Demikian mematikan penyakit Diabetes jika tak diakukan dengan baik. Oleh karenanya jika anda atau keluarga memiliki tanda seperti yang sebut diatas baiknya mulai sekarang ini waktu anda membaca tulisan saya ini untuk lebih perduli pada kesehatan anda/keluarga anda. Apa plan yang perlu selekasnya dilakukan? 

Jika anda kegemukan bersegeralah untuk diet, apabila anda memiliki kemungkinan besar untuk terserang diabetes awalilah untuk menjaga pola makan. 

Terakhir untuk anda yang mempunyai tanda diatas saya sarankan untuk lakukan medical check up terutama untuk yang usianya di atas 35 th. keatas. Kerjakan kontrol teratur sekurang-kurangnya 6 bln. sekali untuk meyakinkan situasi kesehatan anda pada dokter. Jangan sampai tunggu datangnya sakit baru check, lakukan pencegahan karena kita manusia tidak pernah tahu hingga kapan kita terus akan selalu dalam kondisi sehat, 

Salam sehat 

Artikel melalui : dr. Wahyu Triasmara
loading...

Subscribe to receive free email updates: