BERFIKIR NEGATIF MEMBUNUH KREATIVITAS ANDA, 7 CARA SINGKIRKAN PIKIRAN NEGATIF

loading...
loading...

Berpikir negatif dapat menjadi suatu kebiasaan. Pikiran tenggelam dan terjerat dalam satu area negatif sampai anda mengambil tindakan untuk mengeluarkannya. 

Saat anda pertama kalinya mulai memikirkan negatif, anda mungkin saja akan mencoba serta memaksa pikiran keluar dari kepala anda. Anda coba sekeras mungkin untuk berhenti memikirkan tentangnya serta mendorong mereka keluar. 

Namun pendekatan ini seringkali jadi bumerang. Melawan pikiran-pikiran negatif sesungguhnya justru bisa memperkuat pola berpikir serta hanya buat beberapa hal makin buruk. Semakin anda coba tidak untuk memikirkan perihal sesuatu, semakin anda betul-betul memikirkan perihal hal semacam itu. 

Supaya anda benar-benar terlepas dari pikiran negatif, anda perlu mencoba pendekatan yang berbeda. Di bawah ini yaitu tujuh langkah untuk bersihkan pikiran negatif anda. 

1. Mengubah bahasa tubuh anda 

Sempatkan diri sesaat untuk mencermati bhs tubuh anda. Apakah anda membungkuk dengan sikap tertutup? Apakah anda mengernyitkan kening? 

Jika memanglah demikian, anda bakal lebih gampang untuk memikirkan negatif. 

Bhs tubuh yang buruk bisa turunkan citra diri anda serta mengakibatkan kurangnya kepercayaan diri. Hingga dalam situasi emosional, jadi suatu hal yang normal untuk mulai mempunyai pikiran negatif. 

Duduklah tegak dengan penuh percaya diri. Buka sikap anda serta semakin banyak tersenyum. 

Perbaiki bhs tubuh anda serta anda bakal terasa tambah lebih baik. Ini mungkin dapat menjadi apa yang anda perlukan untuk bersihkan pikiran-pikiran negatif. 

2. Bicarakan keluar 

Terkadang memikirkan negatif berlangsung lantaran anda mempunyai permasalahan atau emosi yang perlu anda lampiaskan keluar. 

Tak baik menyimpannya untuk diri sendiri. Bila anda mempunyai suatu hal yang perlu selekasnya ditangani, anda mesti bicara dengan seorang. 

Meletakkan apa yang ada di pikiran berbentuk kalimat bisa menolong anda meletakkan semua suatu hal ke perspektif hingga anda bisa menemukan akar masalahnya. 

3. Sempatkan satu menit menentramkan pikiran anda dari semua pikiran 

Dengan semua sesuatu seperti berlomba di kepala anda, bakal jadi sulit untuk mengatur pikiran yang muncul – terutama pikiran negatif. 

Coba memperlambatnya. Satu menit ketenangan seringkali itulah yang diperlukan. 

Ini seperti meditasi – anda mengosongkan pikiran anda. Anggap saja juga sebagai reboot. Sesudah kosong, anda bisa mengisinya dengan suatu hal yang sedikit lebih positif. 

4. Merubah kalimat berpikir anda 

Terkadang pikiran negatif yaitu hasil dari perspektif yang buruk. Lihatlah sudut pandang anda pada beberapa hal yang terjadi di seputar anda. 

Umpamanya, di banding memikirkan, “Aku akan melalui waktu yang sulit dan akan alami kesulitan, ” lebih baik memikirkan “Aku menghadapi beberapa tantangan, namun saya berupaya untuk temukan jalan keluar. ” 

Anda pada intinya tengah menyampaikan hal yang sama, tetapi langkah ke-2 mempunyai sudut pandang yang lebih positif. Namun terkadang pergantian kalimat kecil bisa membuat perbedaan besar untuk pola pikir anda. 

5. Jadilah kreatif 

Ketika pikiran negatif muncul, anda bisa menetralkan dengan menggunakan beberapa waktu kreatif. 

Mencari penyaluran untuk keluarkan beberapa hal kreatif di pikiran anda. Menggambar atau melukis suatu hal – bahkan juga bila anda mesti memakai krayon. Sepanjang anda memakai kreatifitas anda untuk keluarkan pikiran negatif, jadi hal tersebut bisa bekerja. 

Jelajahi emosi anda lewat tindakan-tindakan kreatif yang bisa tingkatkan situasi hati anda kembali. 

Kreatifitas bisa terasa seperti pembebasan. Saat anda meletakkan emosi anda melalui suatu bentuk seni, anda menempatkan mereka keluar dari system anda serta membersihkannya. 

6. Berjalan-jalan 

Terkadang pikiran kita yaitu produk dari lingkungan di mana kita ada. Umpamanya, bila anda dikelilingi dengan beberapa orang negatif, anda mungkin saja akan mulai berpikir negatif pada gilirannya. 

Hindari lingkungan negatif bisa sangat membantu. Ambillah waktu untuk berjalan-jalan sendirian menjauhi situasi sehari-hari. Pergi ke satu tempat yang bisa mengangkat situasi hati seperti taman atau museum. 

Waktu yang di habiskan untuk menjauhkan diri dari pengaruh-pengaruh negatif bisa membawa anda pada ketenangan pikiran. 

7. Mulai membuat daftar apa yang anda syukuri 

Apakah anda lupa semua hal baik yang sudah terjadi pada anda? Terkadang dalam kehidupan sehari-hari, kita kehilangan konsentrasi pada semua hal yang berjalan baik dalam kehidupan kita. 

Bila itu mencerminkan anda, jadi anda butuh kembali melatih pikiran anda untuk konsentrasi pada semua hal baik yang terjadi di sekitar anda, bukan yang buruk. 

Buat daftar semua hal yang anda syukuri, tidak perduli seberapa kecil hal tersebut kelihatannya. Terkadang beberapa hal baik dalam kehidupan kita terjadi pas di depan wajah kita serta kita masih tidak berhasil untuk melihatnya.  

Berhenti menjadi buta pada beberapa hal positif yang sudah anda miliki selama ini.

Semoga bermanfaat
loading...

Subscribe to receive free email updates: