Stop..!! Jangan Pernah Mencampurkan Premium dan Pertamak, ini Efeknya Bagi Kendaraanmu

loading...
loading...
SPBU

Premium dan pertamax mempunyai selisih harga yang sedikit. Karena lebih murah, premium lebih banyak dipilih ketimbang pertamax. Namun tidak sedikit juga yang memilih pertamax lantaran bisa bikin mesin kendaraan tetap bersih dan awet. 

Tetapi pernahkah Anda mencampurkan premium dan pertamax untuk mengisi bahan bakar kendraan Anda? Biasanya Anda sering mencampurkan pada ke-2 bahan bakar itu saat harga premium naik atau sedang tak miliki uang, atau mungkin saja malas ngantri karena dibagian premium ngantri, sementara dibagian pertamax kosong. 

Tahu tidak, sering mencampurkan premium dan pertamax sesungguhnya tak bagus untuk kendaraan Anda. Pasalnya premium dan pertamax mempunyai oktan yang berbeda. Selanjutnya, apa hubungan oktan dengan mesin kendaraan? 

Premium mempunyai nilai oktan 88, dan pertamax mempunyai nilai 92 oktan. Bila oktan makin besar, maka mesin bakal bekerja lebih cepat selama sistem pembakaran sehingga mempunyai efek yang bagus untuk kendaraan. 


Tetapi, bila digabung dengan oktan yang lebih rendah, maka kelebihan itu bisa hilang. Umpamanya saja dalam pertamax memiliki kandungan zat anti karat, tetapi fungsi itu akan hilang bila digabung dengan premium. Akibatnya dapat membuat mesin kendaraan gampang kotor hingga pada akhirnya memperpendek usia mesin. 

Jadi, bila ingin performa mesin kendaraan tetap terjaga dan awet, pastikan mengisi bahan bakar kendaraanmu dengan oktan yang lebih tinggi. Dan ingat, Anda harus konsisten mengisi bahan bakar, jangan sering mencampurnya.

Dari berbagai sumber
loading...

Subscribe to receive free email updates: