Heboh Permen Jari Asal China Mengandung Narkoba, Ini Penjelasan BPOM

loading...
loading...
Global herbal solusi, Masyarakat diminta waspada atas perdaran permen asal China yang diduga memiliki kandungan obat tidur. 

Terakhir permen yang berbentuk lucu dan rasanya manis ini jadi bahan pembicaraan masyarakat Indonesia, terutama untuk mereka para orang-tua. 

Permen yang diduga Mengandung Narkoba


Beritanya permen jari ini sudah mengedar di Tangerang dan Depok, untuk tempat penjualannya sendiri sudah pasti yaitu tempat yang banyak sekali anak-anak. Seperti di sekolah-sekolah. 

BPOM RI yang mendapati laporan itu, langsung mengadakan penyelidikan. Hasilnya, belum di ketahui apa kandungan dalam permen itu. Tetapi, BPOM tengah mengujinya di laboratorium. 

Permen Jari


Berikut keterangan BPOM melalui website resminya, Rabu 10 Oktober 2016 

Keterangan Badan POM 
Berkaitan Isu Product Permen Jari Mengandung Narkoba 

Berkenaan dengan kabar berita di sosial media tentang product Permen Jari mengandung narkoba yang beredar di Tangerang, Badan POM melihat perlu memberikan keterangan sebagai berikut : 

1. Info tentang product Permen Jari mengandung narkoba ini datang dari laporan masyarakat pada Puskesmas di Ciledug bahwa anaknya tidur selama 5 jam setelah konsumsi permen tersebut pada hari ke-2. Peristiwa ini baru dilaporkan di daerah Tangerang dan belum ada laporan peristiwa ditempat lain. 

2. Pada data Badan POM, product terdaftar sebagai Permen Jari Bermacam Warna dengan Nomor Izin Edar BPOMRI ML 824409085492 ; Importir PT. RIZKY ABADI JAYA ANUGERAH Jakarta Utara dan produsen Chaozhou Chaoan Wangging Foods China. Izin edar diterbitkan Badan POM setelah dikerjakan evaluasi pada aspek keamanan, mutu, dan gizi dan label. Database importasi menunjukkan product itu diimpor melalui Jakarta dan Medan pada tahun 2016. 

3. Menindaklanjuti pengaduan masyarakat berkaitan peristiwa tersebut diatas, dan untuk melindungi masyarakat dari product yang berisiko pada kesehatan, Badan POM sudah lakukan penelusuran dan mengambil sampel ke sekolah di wilayah Ciledug serta Karang Tengah, dan sekarang ini sedang dikerjakan pengujian laboratorium. 

4. Pada tanggal 10-11 Oktober 2016 Badan POM sudah mengecek PT. Rizky Abadi Jaya Anugerah sebagai importir. PT. Rizky Abadi Jaya Anugerah membenarkan kalau product Permen Jari Beragam Warna adalah product yang diimpornya. Pihak importir akan lakukan tindak lanjut dan klarifikasi pada produsen di China. 

5. Sebagai langkah antisipasi dan perlindungan kesehatan orang-orang, Balai Besar/Balai POM di semua Indonesia sudah diperintahkan untuk melakukan pengawasan pada kemungkinan beredarnya product permen yang disangka mengandung narkoba. 
Badan POM akan terus memonitor perkembangan isu ini dan mengambil langkah hukum bila dapat dibuktikan melanggar peraturan perundang-undangan.  

6. Kepada masyarakat yang memerlukan info lebih lanjut, bisa menghubungi : 
- Contact Center HALO BPOM di nomor telp. 1-500-533 atau SMS : 0-8121-9999-533, atau e-mail : halobpom@pom. go. id, atau 
- Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia. 

Oktober 2016 
Biro Hukum dan Humas Badan POM 
KLARIFIKASI BPOM

loading...

Subscribe to receive free email updates: