Mengapa Ibu Zaman Dulu Kuat Mengurus Banyak Anak dan juga Rumah Sedangkan Sekarang Tidak?

loading...
loading...
Global herbal solusi, Sahabat, kita tahu orang-orang jaman dulu umumnya miliki banyak anak, jarak kelahirannya berdekatan, dan sang ibu bisa mengurusi semua anaknya juga lakukan pekerjaan rumah tangga mulai dari menyapu, cuci pakaian, masak, sendirian tanpa pertolongan asisten rumah tangga. 

Sedang ibu jaman sekarang, bahkan meskipun yang full time mother, sering kerepotan serta keteteran melaksanakan pekerjaan rumah tangga meskipun baru mempunyai satu orang anak saja. 

Ilustrasi Ibu Zaman Dulu

Mengapa bisa demikian? Apa yang membedakannya? Sebagian alasan di bawah ini mungkin saja bisa menjelaskan perbedaannya : 

1. Perbedaan pola Asuh 

Jaman sekarang banyak orang-tua yg tidak mengajarkan anaknya melakukan pekerjaan rumah, semua suatu hal ditangani oleh pembantu, sehingga saat dewasa, ia tak terbiasa mengurus pekerjaan rumah tangga. 

Beda dengan orang-tua jaman dulu yang sudah mengajarkan semua pekerjaan rumah pada anak perempuannya. Sehingga saat dewasa dan menikah tak akan kagok melaksanakan pekerjaan rumah tangga. 

2. Perbedaan teknologi 

Jaman dulu semua harus dilakukan manual, sedang sekarang ini nyaris semua pekerjaan rumah tangga bisa digantikan oleh mesin. Ada mesin pencuci, mesin penyedot debu, blender, dan lain-lain. 

Ditambah lagi hadirnya tv dan hp yang makin merubah pola hidup sehari-hari, membuat wanita jaman sekarang dilenakan oleh perkembangan tehnologi sehingga semakin banyak peluang keteteran mengatur pekerjaan rumah tangga dan anak. 

3. Perbedaan pilihan 

Jaman sekarang pilihan semakin beragam. Seorang wanita bisa pilih sebagai full time mother, atau jadi ibu rumah-tangga sambil berkerja, atau berwiraswasta dirumah dan menggunakan layanan asisten rumah tangga, sehingga semakin banyak alasan untuk tidak mempunyai skill kerumahtanggaan yang mumpuni. 

Sedang jaman dulu umumnya wanita tidak miliki banyak pilihan selain dirumah mengurus urusan rumah tangga dan anak-anak, sehingga kapabilitas mengatur pekerjaan rumahtangga adalah ketrampilan alamiah seorang wanita. 

Sudah pasti kita perlu merasa salut serta berterimakasih pada para ibu yang mampu mengurus anak dan rumah tangga sekaligus, mudah-mudahan Allah menganugerahkan surga atas keikhlasannya melayani keluarga. 

Photo ilustrasi : google
loading...

Subscribe to receive free email updates: