Ini Jurus Ampuh Agar Mau Curhat Dan Berkeluh Kesah Sama Orang Tua

loading...
loading...
Maraknya berita tentang kekerasan pada anak pasti membuat orang-tua cemas. Satu diantara kunci mencegah terjadinya kekerasan pada anak yaitu ada komunikasi yang baik pada orang-tua dan anak. 

Diharapkan anak dapat menceritakan semuanya yang ia alami di sekolah, tempat bermain, atau bahkan juga dirumah sendiri bila terjalin komunikasi yang baik dengan orangtuanya. 

Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo menyampaikan, untuk membuat anak lebih terbuka memang perlu waktu yang tidak sebentar. Hal semacam itu dapat dimulai dengan menyempatkan diri berbarengan anak setiap hari. 

 " Sempatkan diri berdua saja dengan anak. Atur saat 10-15 menit menggunakan waktu dengan santai. Lakukan kesibukan mengasyikkan, tidak melulu tanya pelajaran, tanya nilai, " kata Vera di Jakarta beberapa waktu lalu. 


Buatlah anak nyaman berkomunikasi hingga mau menceritakan apapun dengan orang-tua. Umumnya, anak yang tidak mau terbuka dengan orang-tua dikarenakan takut dimarahi atau disalahkan. 

Vera menyampaikan, jadilah pendengar yang baik ketika anak bercerita tanpa memarahi ataupun memojokkannya. Hindari gaya interogasi, seperti sering bertanya hal yang sama setiap hari. 

Orang-tua bisa bercerita terlebih dulu untuk memancing anak bercerita tanpa ada harus di tanya. Membiasakan anak untuk bercerita dapat juga mencegah terjadinya kekerasan, termasuk kekerasan seksual. 

 " Diharapkan anak dapat segera lapor bila ada apa-apa. Umpamanya, anak sudah tak nyaman dengan sopir antar jemputnya. Jadi dari pertama bisa di ambil tindakan oleh orang-tua, " papar Vera. 

Sumber : tribunnews. com
loading...

Subscribe to receive free email updates: