Kisah Nabi Khidir Menelan Bukit dan Sebuah Mangkuk Emas

loading...
loading...
GLOBAL HERBAL SOLUSI>>Ada kisah menarik tentang Nabi Khidir ‘Alaihis salam yang disajikan dalam Islam Digest Harian Umum Republika. Kisah ini disarikan dari buku Jurnal 1001 Kisah Teladan Muslim. Nabi Khidir ‘Alaihi salam mendapatkan perintah dari Allah Ta’ala melalui mimpi. 

Didalam mimpi disebutkan, Allah Ta’ala memerintahkan Nabi Khidir ‘Alaihis salam untuk jalan ke arah barat. Lalu, beliau diperintahkan melakukan lima hal terkait lima peristiwa yang akan beliau jumpai di sepanjang perjalanan. 


“Pertama, makanlah apa yang engkau lihat (hadapi). Ke-2, sembunyikan apa yang engkau temukan. Ketiga, terimalah apa yang datang padamu. Ke empat, jangan kecewakan yang datang padamu. Ke lima, larilah engkau dari apa yang ditemui. ” 

Keesokan harinya, Nabi Khidir ‘Alaihis salam jalan ke arah yang diperintahkan. Agak lama perjalan yang ditempuh, sosok yang diutus sebagai satu diantara guru kehidupan untuk Nabi Musa ‘Alaihis salam ini berjumpa dengan satu bukit. 

Nabi Khidir ‘Alaihis salam bingung. Sebab, perintah pertama dalam mimpinya semalam menyebutkan, “Makanlah apa yang engkau temui. ” 

Beliau juga menebalkan tekad, mengumpulkan keyakinan. “Aku, ” tutur Nabi Khidir ‘Alaihis salam, “diperintahkan untuk memakan apa yang saya temui, namun ini sungguh mustahil (memakan bukit). ” 

Tetapi Nabi Khidhir ‘Alaihi salam selalu mendekat ke arah bukit sampai datanglah sebuah keajaiban. Bukit mengecil sampai sebesar roti. Nabi Khidir ‘Alaihis salam juga mengambilnya dengan tangan lalu memasukkannya kedalam mulut. 

“Alhamdulillah, saya sudah berhasil melakukan perintah pertama. Semoga Allah Ta’ala mempermudah bagiku untuk menerima pelajaran yang tersirat di dalamnya. ” tutur Nabi Khidir ‘Alaihi salam, lalu melanjutkan perjalanan. 

Di dalam perjalanan, beliau menjumpai benda ke-2. Sebuah mangkok berbentuk emas. Beliau segera ingat dengan perintah dalam mimpi supaya segera menyembunyikannya. Maka beliau bergegas menggali tanah untuk menyembunyikan mangkok itu. 

Anehnya, mangkok emas itu dapat bergerak. Sesudah dimasukkan kedalam lubang, ia dapat menembus tanah dan kembali ke permukaan. Selalu bergitu. Terulang berkali-kali. 

Masih ada tiga perintah yang perlu dikerjakan oleh Nabi Khidir ‘Alaihi salam. Termasuk juga hikmah dibalik lima perintah itu.
loading...

Subscribe to receive free email updates: